25 Objek Wisata di Pesisir Selatan


Objek Wisata Alam dan Wisata Bahari di kabupaten Pesisir Selatan
  1. Olahraga Paralayang dilihat dari Bukit Langkisau
  2. Panorama Bukit Teluk Kabung,perbatasan kabupeten pesisir selatan-kota padang.
  3. Taratak Sungai Lundang,kecamatan koto XI Tarusan.
  4. Kawasan Wisata Mandeh,kecamatan koto XI Tarusan.
  5. Pantai Batu Kalang,kecamatan koto XI Tarusan.
  6. Teluk Sikulo,kecamatan koto XI Tarusan.
  7. Jembatan Akar,kecamatan IV Nagari Bayang utara.
  8. Air Terjun Bayang Sani (Welkum, bekas pemandian zaman Belanda),kecamatan Bayang.
  9. Air Terjun Lumpo,kecamatan IV Jurai.
  10. Panorama Selayang Pandang,perbatasan kecamatan bayang - kecamatan IV jurai.
  11. Bukit Langkisau (tempat wisata dan olahraga paralayang),kota Painan.
  12. Pantai Carocok ,kota Painan.
  13. Air Terjun Timbulun ,kota Painan.
  14. Salido Kecil (bekas pertambangan emas zaman Hindia Belanda),kecamatan IV Jurai.
  15. Pantai Sungai Nipah,kota Painan.
  16. Pulau Cingkuk (terdapat benteng Portugis) ,kota Painan.
  17. Ikan Larangan Talawi,kecamatan koto XI Tarusan.
  18. Pulau Kerabak,kecamatan sutera.
  19. Pulau Penyu,kecamatan batang kapas.
  20. Pantai Teluk Kasai,kecamatan batang kapas.
  21. Panorama Nyiur Melambai,kecamatan sutera
  22. Maman bay,kota Painan.
  23. bukik bendera ,kecamnatan Bayang.
  24. air terjun pelangai gadang, kecamatan ranah pesisir.
  25. rumah gadang mande rubiah,kecamatan silaut
Bukit Langkisau
Anda pasti akan takjub melihat pemandangan yang begitu eksotis dengan panorama yang begitu indah jika telah berada di atas Bukit Langkisau. Lautan luas dan daerah terbuka luas berupa tanah dan rerumputan nampak terlihat jelas di atas puncak bukit ini. Karena dari sini tidak ada yang menghalangi pemandangan Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Kota Painan bak kota mini seperti mangkuk yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan laut lepas yang biru.

Bukit Langkisau

Tidak hanya dapat menikmati pemandangannya saja, di kawasan bukit Langkisau ini juga dimanfaatkan sebagai tempat area olahraga Paralayang yang nantinya akan mendarat di Pantai Cerocok atau Pantai Salid. Sungguh indah sekali dan pasti seru objek wisata yang satu ini menjadi tempat liburan bagi anda dengan keindahan alamnya yang asri sekaligus dapat menguji nyali terbang dari atas puncak Bukit Langkisau.

Pantai Carocok
Pantai ini mempunyai pasir yang agak kasar namun sangat bersih dan putih dan airnya pun jernih, anak-anak maupun orang dewasa dapat berenang di Pantai Carocok ini karena tepi pantainya yang landau. Dari Pantai Carocok ada dua buah pulau yang nampak dari kejauhan, pulau tersebut adalah Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak.

Aktivitas dipantai ini biasanya ada jadwal acara organ tunggal. Dan pada malam harinya ada juga anak-anak muda yang melakukan kemping. Disini juga ada sebuah lapangan terbuka yang cukup asyik untuk kita gunakan sambil tidur tidur ditikar dengan sepoian angin laut yang menyejukkan.

Pulau Cingkuak
Pulau Cingkuak merupakan pelabuhan pantai barat Sumatera dan pusat perekonomian. Ada terdapat Prasasti Madame Van Kempen dan Benteng Portugis yang menjadi objek wisata sejarah di Cingkuak. Selain wisatawan yang berkunjung adalah para pelajar/mahasiswa untuk melakukan kegiatan alam yaitu hiking, kemping, dan lain sebagainya tetapi ada juga seringkali setiap tahunnya dijadikan objek penelitian oleh Balai Arkeologi di Medan. Kegiatan wisata lainnya yang dapat dijumpai di Pulau Cingkuak ini yaitu permainan wisata Banana Boat, Jetsky, dan lain sebagainya.



Wisata Pantai dan Puncak Mandeh
Dinamakan Mandeh karena Pantai ini terletak di Desa Mandeh. Jarak tempuh untuk menuju ke Pantai Mandeh sekitar 56 kilometer atau dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Kawasan Pantai dan Puncak Mandeh ini sangat terkenal hingga ke Manca Negara, sehingga seringkali para wisatawan yang berkunjung menjadikan tempat ini sebagai objek wisata dan juga banyak dilakukannya pengembangan resort. Walaupun fasilitas transformasi belum banyak dan memadai, kawasan Mandeh ini menjadi incaran pihak asing, seperti Italia. Mereka telah mengembangkan resort wisata yang diberi nama Cubadak Paradiso. Maka dari itu kawasan Mandeh masuk ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken, karena kawasan ini menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebahariana.




Wisata Jembatan Akar Bayang
Jembatan ini berasal dari akar dua pohon beringin yang menyatu dan hidup membentuk sebuah jembatan. Masyarakat Sumatera Barat biasanya menyebut Jembatan ini “Titian Aka”. Panjang jembatan ini sekitar 25 meter serta lebarnya 1,5 meter dengan ketinggian dari permukaan sungai 10 meter.

Untuk berkunjung ke jembatan ini tidaklah terlalu jauh dari Kota Painan. Letaknya berada tepat di nagari Pulut, Asam Kumbang, Kecamatan Bayang Utara. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk mencapai Jembatan akar. Dimulai dari simpang 3 pasar baru kita akan menjumpai persawahan dan jalannya yang semakin mendaki ketika akan dekat dengan lokasi.

Air Terjun Timbulun Painan
Air Terjun Timbulun Painan merupakan air terjun yang terdiri dari 7 tingkatan dan lubuk yang berbeda. Air Terjun ini berlokasi di kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jarak dari pusat Kota Painan ke Air Terjun Timbulun sekitar 3 kilometer.Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Pincuran Tujuh Tingkat. Hulu air terjun ini berasal dari daerah Taman Nasional Kerinci Seblat hingga bermuara di Teluk. Ketujuh tingakan air terjun ini memiliki keindahan tersendiri, namun yang lebih mempesona dari tingkatan Air Terjun ini ada pada tingkatan ketiga, karena pada tingkatan ini tempat yang sering terciptanya pelangi.


Air Terjun Lumpo
Air terjun ini berada di balik salah satu bukit Nagari Lumpo, Kecamatan Salido, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Air terjun ini mempunyai air yang lebih jernih serta jauh dari pencemaran air. Pohon-pohon yang tumbuh disekitar air terjun menambah daya tarik dan membuat pesona hutan semakin terjaga keasriannya.